Menangis Itu Justru Baik Bagi Kehidupan INi!


Apakah menangis menunjukkan ekspresi ketidakmampuan atau justru menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri ? Studi terbaru yang diterbitkan dalam  jurnal Psychology of Men & Masculinity dapat mengubah perspektif kita tentang pentingnya ekspresi perasaan.

Semakin berani seseorang menunjukkan ekspresi tangisan akibat kehilangan atau karena kekalahan, maka tingkat kepercayaan dirinya justru semakin baik. Sebaliknya,  semakin tertutup seseorang dalam mengekspresikan perasaannya, maka tingkat kepercayaan dirinya juga semakin rendah.

Selain itu, hasil penelitian ini juga menyimpulkan adanya keterkaitan erat antara keterbukaan dalam mengekspresikan perasaan dengan tingkat kebahagiaan.  Semakin terbuka seseorang mengungkapkan ekspresi hatinya, baik perasaan bahagia maupun duka, maka semakin besar pula tingkat kebahagiaan yang dialaminya dalam kehidupan ini.

RenunganInspirasi bagi Kita

Jika tahu bahwa menangis dan tertawa itu baik bagi kesehatan kita, apakah anda masih punya alasan untuk menahan ekpresi perasaan anda? Ketika sadar bahwa menunjukkan ekpresi ternyata baik bagi diri sendiri dan sesama kita, masihkah anda mau menyembunyikan perasaan anda yang sesungguhnya? (Diolah dariSumber: Oleh Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar