“Ayah Yang Tampan Mempunyai Putra Jelek dan Putri Yang Cantik”


"Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati." (1Sam 16:7) 
Ayah yang tampan cenderung memiliki putri yang menawan dan memiliki putra yang maskulin. Sebaliknya, ibu yang cantik hanya mewarikan daya tariknya kepada putrinya.

Sebuah studi  menarik dilakukan oleh Prof. David Perrett dan Prof. Elisabeth Cornwell, dari University of St. Andrews. Dalam studi ini, tim peneliti berusaha mengetahui  mengenai pengaruh wajah dan penampilan orangtua terhadap wajah dan  penampilan anak kandungnya.

Partisipan dalam studi ini terdiri dari 100 mahasiswa pria dan 100 mahasiswa wanita. Para partisipan ini diminta untuk mengumpulkan album foto keluarga para mahasiswa dengan orangtua kandung mereka. Album foto ini adalah foto yang sudah diambil selama beberapa tahun. Kemudian, semua foto masing-masing mahasiswa, ayah dan ibu mereka dikategorikan secara terpisah dalam hal daya-tarik, dan ciri maskulin/feminin

Hasilnya? Ayah yang tampan tidak mewariskan ketampanan wajahnya kepada putranya. Justru, pesona wajah sang ayah akan diwariskan kepada putrinya.

Sang ayah dengan penampilan maskulin akan mewariskan ciri maskulinnya kepada putranya.  Sementara, kecantikan seorang ibu tidak membuat perbedaan pada daya tarik putra mereka saat dewasa.

Daya tarik penampilan  seorang anak  perempuan diwariskan oleh daya tarik ayah dan ibunya. Sementara, seorang ayah yang mempesona cenderung memiliki putri yang feminim dan menarik, baik ibunya menarik atau tidak.(diolah dari sumber: republika.co.id)

Renungan

Wajah dan penampilan adalah suatu hal yang hanya tampak dengan mata. Sementara, sifat dan karakter adalah penampilan elegan yang sesungguhnya. Jadi, pesona wajah dan penampilan bisa menipu, sementara pesona karakter dan sifat lebih jujur, alami, serta lebih penting bagi kehidupan. Bagaimana menurut anda? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta) 

Posting Komentar

0 Komentar