Belajar Prinsip Moral Sejak Usia 15 Bulan

“Belajar Prinsip Moral Sejak Usia 15 Bulan”

“Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.”(Maz 8:3) 

Kapankah waktu terbaik untuk mengajarkan kepada anak tentang prinsip benar dan salah? Kapankah sang anak mulai memiliki altruisem atau kepedulian  terhadap kesejahteraan orang lain?
*****
Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Prof. Dr. Jessica Sommerville ternyata menghasilkan suatu temuan yang benar-benar  mengejutkan. Berdasarkan  hasil penelitiannya, psikolog dari Uiversity Of Washington ini menunjukkan bahwa norma-norma  keadilan dan altruisme diperoleh oleh anak jauh lebih cepat dari yang sebelumnya diperkirakan oleh para ahli.

Hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa seorang anak belajar altruisme saat berumur dua tahun dan belajar keadilan ketika menginjak usia enam atau tujuh tahun.
Tetapi hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan yang dipimpin oleh Jessica Sommerville mengungkapkan bahwa altruisme dan keadilan sesungguhnya  sudah diperoleh oleh anak pada usia 15 bulan.

Bagaimana sebenarnya cara  melakukan penelitian ini? Penelitian dilakukan  dengan cara mengadakan pembagian biskuit dan susu pada setiap bayi yang menjadi peserta.
Bayi akan terdiam lebih lama memperhatikan proses pembagian makanan jika merasa bagiannya lebih sedikit dibanding bayi lain. Sebaliknya bayi yang  mendapat pembagian yang sama dengan bayi lain lebih mudah berbagi dengan sesamanya.

Para bayi sangat peka dengan perlakuan yang tidak adil kepada mereka dengan menunjukkan respon terkejut. Jadi tampaknya para bayi ini belajar dengan mengenai  keadilan dan altruisme dari cara orang dewasa memperlakukan satu sama lain.  (Diolah dari sumber:sehatnews.com)

Renungan

Oleh karena pengetahuan  benar dan salah  ternyata sudah  diperoleh oleh anak sejak usia yang sangat dini, lalu apa yang harus kita lakukan? Bukankah kita seharusnya  lebih  bertanggungjawab  dan  lebih peduli lagi kepada sang anak pada usia emas pembentukan karakter anak-anak kita?

Ketika kita peduli terhadap pembeetukan  karakter anak sejak usia dini, maka sang anakpun pasti bertumbuh dalam kepedulian terhadap kita dan sesamanya diwaktu kemudian. (Hamba-Nya: Bertinus Sijabat)

Posting Komentar

0 Komentar