“Takut Berlebihan, Wanita Ini Mencuci Tangan Sampai Berdarah-darah”


Hal-hal yang anda baca bisa mempengaruhi hidup anda secara signifikan.  Apalagi jika anda membaca sesuatu tanpa tidak bisa memilah dan memilih mengenai apa yang benar dan salah.

Kehidupan Debbie Thomsons benar-benar berubah setelah dia membaca sebuah selebaran mengenai OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. Padahal, saat membaca mengenai penyakit ini, usia Debbie sudah 16 tahun.

Akan tetapi, karena tidak tahu bagaimana cara merespon informasi yang diperolehnya, Debbie justru mengalami ketakutan yang luar biasa. Akibatnya, sejak saat itu, Debbie memiliki rasa takut yang berlebihan akan terjadinya kematian dalam keluarganya.

Oleh karena perasaan tertekan yang sangat parah ini, Debbie harus selalu memastikan bahwa apa yang dilakukannya sudah benar. Bahkan, wanita asal Hull, Inggris ini, seringkali harus selalu melakukan kebiasaan ekstrim yang justru menyakiti dirinya sendiri.

Dalam keadaan tertekan, Debbie seringkali mencuci tangannya sampai berdarah-darah. Terkadang, Debbie juga mencuci mukanya secara berlebihan hingga kulitnya benar-benar kering.

Saat ini, Debbie Thompson  harus minum obat antidepresan tiga kali sehari dan tetap harus menjalani psikoterapi.  Walau kondisinya sudah agak baik, wanita berusia 31 tahun ini mengakui,  penyakit ini masih kambuh sesekali

Penyakit OCD sendiri adalah penyakit langka dan jarang. Penderita OCD memiliki pemikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal sehingga seringkali harus selalu melakukan perilaku yang berulang-ulang.

Sampai saat ini, penyebab utama penyakit OCD belum dapat diketahui secara pasti. Hanya saja, pemicu utama OCD adalah karena stress atau mengalami tekanan yang sangat berat. (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Pribadi yang bijaksana adalah pribadi yang mampu memilih bahan bacaan yang bermanfaat.  Jangan sampai, karena bahan bacaan justru hidup kita menjadi rusak. Sudahkah anda menyeleksi buku, majalah, literatur atau bacaan anda dengan bijaksana? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar