“Makan Pisang, Bisa Membuat Kita Terhindar dari Stroke”


Pisang yang kaya dengan kandungan kalium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Selain mampu mencegah penyakit stroke, ternyata pisang juga mampu menjaga peredaran darah di dalam otak, sehingga kinerja otak membuat menjadi lebih baik.

Hanya saja, khasiat pisang ini akan menjadi efektif bila dikonsumsi dengan rutin, teratur dan sesuai aturan. Setidaknya, dengan mengkonsumsi satu buah pisang untuk sarapan, makan siang dan malam hari, maka tingkat resiko kemungkinan penggumpalan darah diotak dapat berkurang sebesar  21 %.

Studi mengenai khasiat pisang ini diperoleh dengan cara menganalisis data dari 11 penelitian sebelumnya. Kemudian, semua hasil penelitian ini dikumpulkan sehingga menghasilkan kesimpulan baru mengenai khasiat pisang yang sangat luar biasa.

Menurut hasil studi  yang sudah dipublikasikan di Journal of American College of Cardiology ini, satu buah pisang mengandung sekitar 500 mg kalium. Oleh karena itu, dengan asupan  tiga buah pisang  perhari  maka  sudah bisa untuk mengurangi kemungkinan resiko stroke lebih dari seperlima. (diolah dari sumber: krjogja.com)

Renungan

Asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari bisa memberi perbedaan antara sehat dan sakit. Oleh karena itu, mulai saat ini, mari kita jaga kesehatan kita dengan pola makan yang sehat. Sudahkah tersedia pisang dimeja makan kita? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta) 

Posting Komentar

0 Komentar