“Operasi Caesar, Membuat Anak Rentan Menderita Berbagai Penyakit!”


Ternyata, melahirkan bayi dengan persalinan alamiah tetap lebih baik daripada dengan cara operasi caesar. Persalinan normal, baik bagi bayi dari sisi usia kelahiran maupun dari sisi daya tahan kesehatan.

Sebuah studi tentang pengaruh persalinan normal dan caesar terhadap kesehatan jangka panjang anak dilakukan oleh Dr Erika Werner, seorang asisten profesor ginekologi dan kebidanan di Johns Hopkins School of Medicine, Amerika Serikat.  Studi ini dilakukan terhadap 2.560 bayi prematur yang lahir antara tahun 1995 dan 2003 di New York, dimana 54 % diantaranya dilahirkan dengan cara caesar.

Hasilnya, bayi yang lahir melalui persalinan normal mengalami resiko subdural, kejang atau sepsis lebih rendah dibandingkan dengan yang lahir dengan proses caesar. Sebaliknya, bayi yang lahir dengan caesar memiliki resiko 30 persen lebih besar mengalami berbagai masalah kesehatan.

Menurut penjelasan Erika Werner, hal ini terjadi karena paru-paru dan otak bayi berkembang pesat diminggu-minggu terakhir sebelum kelahiran normal. Oleh karenanya, jika bayi lahir sebelum waktunya, maka kemungkinan gangguan pernapasan, masalah otak seperti cerebral palsy, dan kesulitan belajar parah bisa terjadi pada bayi. (diolah dari sumber: vivanews.com)

Renungan

Proses melahirkan bayi dengan persalinan alamiah, walau sakit, terbukti merupakan ungkapan kasih yang sejati terhadap anak. Sementara, melahirkan dengan operasi caesar justru bisa mengakibatkan sang anak lebih rentan dengan berbagai komplikasi penyakit dimasa depan. Bagaimana dengan keputusan anda? (Bertinus Sijabat-Yotyakarta) 

Posting Komentar

0 Komentar