“Cinta Mempunyai Efek Yang Dahsyat Bagi Otak”


Cinta yang sejati memiliki efek yang luar biasa terhadap manusia. Bahkan, efek cinta yang dahsyat ini mampu meningkatkan aliran listrik di dua bagian utama otak manusia.

Bahkan, hanya dengan sekedar melihat gambar atau wajah sang kekasih sudah cukup untuk mengaktifkan otak, baik dibagian caudate nucleus maupun ventral tegmental area. Secara luar biasa, pengaktifan ini terjadi pada orang yang sedang jatuh cinta.

Hasil kesimpulan ini diperoleh tim peneliti dari Albert Einstein College Of Medicine. Dalam penelitian ini, ahli syaraf Lucy Brown mempergunakan pemindaian terhadap otak dengan teknik pencitraan yang canggih.

Ketika sedang jatuh cinta, sistem imbalan otak mengeluarkan senyawa kimia yang dinamakan dopamine. Dalam keadaan dopamine sedang menyebar inilah fungsi otak menjadi jauh lebih baik. (diolah dari sumber: BBC Indonesia)

Renungan

Efek cinta yang sejati ini juga bahkan lebih baik daripada euforia karena kokain yang justru mendorong ketagihan. Oleh karena itu, ketika kita sedang jatuh cinta, maka cinta itu sendiri sudah merupakan kekuatan yang dahsyat. Jadi, mengapa merusak diri dengan narkoba, jika dengan cinta kita justru bisa menjadi lebih bahagia? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar