“Gara-gara Roti Kadaluarsa, Kasir Ini Nyaris Dipenjara”


Sebenarnya, perintah yang diberikan kepada kasir ini sangat jelas. Dan bahkan, prosedur ini adalah prosedur yang sudah baku di dalam perusahaan supermaket tempat sang kasir bekerja.

Akan tetapi, entah karena merasa sayang atau merasa masih bisa dikonsumsi, sang kasir justru mengabaikan perintah yang diberikan kepadanya. Akibatnya, sang kasir yang sudah bekerja selama 27 tahun ini harus menghadapi berbagai masalah.

Wanita ini kedapatan membawa roti kadaluarsa yang ditaruh didalam tasnya. Pihak petugas keamanan supermarket menemukan roti kadaluarsa ini setelah melakukan penggeladahan rutin pada waktu pulang kerja.  

Pihak perusahaan menuduh sang kasir melakukan pencurian, sehingga kemudian memutuskan untuk memecat wanita ini. Namun, pengadilan ketenagakerjaan di kota Liepzig, Jerman, kemudian membebaskan wanita ini dari tuduhan pencurian. Menurut pengadilan, roti kadaluarsa sudah tidak memiliki nilai ekonomis, sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai pencurian. (diolah dari sumber: tribunnews.com)

Renungan

Standar operasional adalah standar aturan baku yang mengikat seluruh elemen dan pihak yang terkait dalam sebuah perusahaan. Ketidakpatuhan terhadap aturan ini oleh siapapun sudah termasuk pelanggaran. Nah, sudahkah kita mematuhi aturan yang ada sesuai dengan hati nurani kita?  (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar