“Anak Yang Aktif Prestasi Akademiknya Lebih Baik”


Ternyata, ada kaitan erat antara aktifitas fisik anak dengan prestasi akademis.  Semakin aktif seorang anak dalam aktifitas fisik, maka kemungkinan besar prestasi akademiknya juga akan semakin baik. Sementara itu, semakin pasif seorang anak dalam aktifitas fisik maka prestasi akademiknya juga akan semakin buruk.

Kesimpulan ini diperoleh dari studi yang dilakukan terhadap kurang lebih 55.000 anak  yang berusia antara 6 hingga 18 tahun. Para periset  dari Universitas VU Amsterdam, Belanda, menggabungkan  hasil-hasil riseet sebelumnya, yang dilakukan di Amerika Utara dan Afrika Selatan.

Ketua periset, Amir Singh, mengungkapkan setidaknya ada beberapa alasan utama yang mendukung kesimpulan ini. Pertama, semakin aktif seseorang, maka semakin banyak oksigen masuk kedalam otak. Keadaan ini mengakibatkan peningkatan hormon, salah satunya endorfin, yang bisa mengurangi tingkat stress. Kedua, semakin aktif seseorang dalam mempelajari aturan-aturan dan berolahraga secara  teratur, maka bisa memperbaiki tingkah laku dan meningkatkan konsentrasinya. (diolah dari sumber:BBC Indonesia) 

Renungan

Peningkatan aktifitas fisik dapat memberi pengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi akademis. Jika demikian, bukankah sudah seharusnya kita harus mulai mengevaluasi kecenderungan pendidikan kita yang acapkali (justru sebenarnya) mengesampikan aktifitas fisik murid? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta) 

Posting Komentar

0 Komentar