“Di China, Jika Seorang Anak Mengabaikan Orangtua, Dipenjara!”


“Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.” (1Tim 5:4)
Gerah dengan banyaknya orangtua yang harus tinggal sendiri dimasa tuanya, pemeritah China memutuskan merancang  aturan hukum yang mengatur hubungan orangtua-anak. Dalam rancangan aturan hukum ini,  seorang anak diwajibkan untuk mengunjungi orangtuanya yang sudah lanjut usia.

Kebijakan ini dipicu oleh banyaknya kejadian orangtua lanjut usia yang meninggal dirumah mereka tanpa diketahui oleh sanak keluarga. Padahal, tradisi China mengajarkan akan pentingnya seorang anak untuk memperlakukan orangtuanya dengan cara yang terhormat.

Dalam aturan ini, seorang anak diwajibkan secara hukum untuk  memelihara orangtua mereka sendiri, baik secara fisik maupun secara psikologis. Bahkan, apabila sang anak  mengabaikan  orangtua mereka, maka sang anak bisa diajukan ke pengadilan. (diolah dari sumber:tribunnews.com)

Renungan

Aturan hukum ini seakan menegaskan kembali betapa pentingnya seorang anak menunjukkan rasa cinta kasihnya pada orangtuanya. Ingatlah, betapa orangtua kita telah mempejuangkan yang terbaik bagi kita, masakan kita melupakan mereka dimasa tuanya? (Bertinus Sijabat- Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar