“Wanita Buta Karena Cemburu”

“Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.” (Luk 11:34)
Cemburu buta ternyata bukan hanya sekedar istilah. Cemburu buta benar-benar bisa membuat seorang wanita menjadi buta.

Dalam kondisi cemburu buta,  apa yang ada didepan mata menjadi tidak terlihat dengan jelas oleh wanita. Kegagalan dalam melihat objek yang ada dihadapannya ini kemungkinan terjadi karena dipicu oleh perasaan cemburu yang berlebihan. 

Sebuah penelitian yang diadakan oleh tim dari Delaware University, mengungkapkan fakta menarik ini.  Dalam penelitian ini, pasangan pria dan wanita muda diminta untuk duduk berdekatan satu sama lain dengan melihat layar monitor komputer yang terpisah. Kemudian, para peneliti  menampilkan foto-foto yang berbeda kepada partisipan pria dan wanita.

Kepada para partisipan pria ditampilkan foto-foto wanita yang menarik, sementara kepada partisipan wanita ditampilkan foto pemandangan, gambar, dan sebagian grafis. Para partisipan melihat tampilan gambar ini secara bersamaan dan dalam waktu yang sama.

Selama proses ini berlangsung, para partisipan pria diminta untuk menilai daya tarik wanita yang ada dilayar komputer.  Dan saat para pria mengungkapkan penilaian mereka, para wanita pasangannya menunjukkan perasaan ketidaknyamanan akibat perbuatan pasangannya.

Dampak perbuatan sang pria yang membuat sang wanita cemburu ternyata sangat luar biasa. Saat sang wanita yang mengaku cemburu diminta untuk melihat kembali objek foto dilayar monitor, para wanita yang cemburu ini tidak bisa melihat target gambar yang diminta.

Menurut Professor Steven Most dan Jean-Philippe Laurenceau, kondisi gagal melihat objek yang ada didepan mata ini dikenal dengan  emotion-induced blindness. Suatu kondisi emosi sosial yang sangat mempengaruhi mood, perilaku, dan kesadaran sosial yang berdampak besar sehingga bisa mempengaruhi proses kesadaran visual.(diolah dari sumber:krjogja.com)

Renungan

Penelitian yang dilakukan ini memang belum melihat kondisi sebaliknya apakah yang terjadi pada para pria saat mengalami kecemburuan. Tetapi, ada kemungkinan yang sangat besar bahwa  dampaknya mungkin kurang lebih sama. Cemburu buta tidak hanya berdampak negatif secara emosi tetapi juga berdampak negatif secara fisik. Oleh karena itu, mari kita jaga hubungan yang kondusif sehingga bisa saling membangun satu sama lain.Cinta itu indah!  (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar