“Tunjukkan Eksistensinya, Katak Unik Ini Menyanyi”

 “Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!” (Maz 96:1) 
Enam jenis katak langka berhasil ditemukan kembali di Haiti oleh tim peneliti dari Conservation International. Sebelumnya, ke-enam jenis katak langka ini diduga sudah punah akibat gempa dahsyat yang pernah melanda Haiti.


Luar biasanya, dua jenis katak yang ditemukan ini bukan hanya jenis katak langka, melainkan juga termasuk jenis katak unik dan spesial. Jenis katak Hispaniolan ventriloquial dan katak Mozart adalah jenis katak yang bisa menyanyi.

Katak Hispaniolan ventriloquial, bahkan bisa melakukan pengecohan terhadap predator dengan bunyi nyanyiannya. Katak ini bisa melempar suara nyanyiannya ke tempat yang jauh, sehingga sang predator memburunya ke tempat lain.

Katak Mozart, sesuai dengan nama komponis Wolfgang Amadeus Mozart malah lebih dahsyat lagi. Suara nyanyian katak Mozart ini mirip dengan nada-nada musik.

Katak Mozart melantunkan nyanyian siulan dua nada pada saat sore dan petang. Pada saat malam hari, katak Mozart ini malah sanggup menyanyikan  suara nyanyian siulan empat nada.

Renungan

Meski sudah dianggap punah atau tidak ada lagi, bukan berarti katak langka ini sudah tidak ada. Begitu juga dengan kita, walaupun orang lain belum atau tidak menghargai kita dengan baik, teruslah berkarya, teruslah bekerja, dan tetaplah bernyanyi. Suatu ketika dunia akan mendengar lantunan nyanyian merdu yang kita lantunkan dengan segenap hati. (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar