“Siswa Kaya Ini Jawab Soal Ujian Dengan Uang”

“Siapa loba akan keuntungan gelap, mengacaukan rumah tangganya, tetapi siapa membenci suap akan hidup.” (Ams15:27)
Guru Wang hanya bisa tertegun melihat lembaran kertas jawaban seorang muridnya. Bukan jawaban soal-soal saja yang ada disana, melainkan juga segepok uang.

Lembaran uang kertas sebesar Rp.133.000 ini diselipkan didalam kertas jawaban yang kosong. Sang murid yang berasal dari keluarga kaya ini, tampaknya sengaja memberikan uang ini sebagai “jawaban pengganti”, karena tidak bisa mengerjakan soal-soal dari sang guru.

Guru Wang yang mengajar di sebuah sekolah Qingdao, China ini, tidak terkesan sama sekali dengan perbuatan sang murid. Alih-alih memberikan nilai terbaik, guru Wang justru memberikan nilai nol untuk  sang murid.

Guru Wang mengembalikan seluruh uang jawaban ini. Bahkan, guru  Wang juga memberikan hukuman tambahan bagi sang murid.(diolah dari sumber:tribunnews.com)

Renungan

Bagi murid ini, uang bisa menjadi  jawaban pengganti.Sementara, bagi Wang, uang bukanlah segala-galanya. Guru Wang  justru menunjukkan betapa nilai-nilai kejujuran jauh melebihi nilai uang. Bagaimana nilai uang menurut anda? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar