“Makin Cinta, Makin Sehat”

  “Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!” (Kid 8:6)
Cinta yang tulus bukan hanya baik bagi kesehatan emosi, tetapi juga baik bagi kesehatan manusia secara keseluruhan. Dampak dahsyat cinta ini dapat  kita rasakan dengan sangat kuat, apalagi  jika kita sedang berada dalam hubungan yang stabil dan nyaman dengan sang kekasih.

Jatuh cinta dalam konteks ini adalah  jatuh cinta dalam hubungan  yang sehat. Suatu hubungan yang ditandai dengan adanya perasaan cinta yang saling menguatkan satu sama lain. Berikut beberapa manfaat jatuh cinta bagi kesehatan kita.

Membuat kita lebih Bahagia.  Saat kita dalam hubungan yang romantis dan harmonis, tubuh melepaskan lebih banyak hormon bahagia. Keadaan ini menimbulkan perasaan bahagia dan kemapuan dalam meredam amarah.

Meningkatkan kekebalan Tubuh.  Saat kita tenang, senang dan selalu berpikir positif, maka kekebalan tubuh menjadi meningkat. Kondisi ini membuat kita lebih tahan terhadap serangan penyakit pilek dan batuk.

Mengurangi Sakit dan Nyeri.  Hubungan yang saling mendukung dan mendorong satu sama lain, membuat pasangan yang sedang jatuh cinta menjadi lebih mudah dalam mengatasi sakit. Keadaan ini terjadi karena motifasi yang diberikan pasangan, membuat kita menjadi lebih nyaman dan lebih kuat.

Meningkatkan Konsentrasi. Pasangan yang  sedang jatuh cinta biasanya mengekspresikan ungkapan  perasaan cinta  dan menunjukkan satu sama lain.  Kondisi ini akan menciptakan semangat baru dalam bekerja, berpikir dan berkomunikasi. Saat kita sedang mengalami perasaan puas dan bahagia  maka tingkat konsentrasi kita juga makin baik.

Membuat Siklus Haid Menjadi Lebih Teratur. Wanita yang jatuh cinta cenderung lebih kuat dan stabil emosinya. Keadaan tanpa tekangan yang berlebihan ini membuat wanita yang sedang jatuh cinta menjadi lebih teratur dalam siklus haidnya.

Menghindarkan Dari Stres. Pasangan yang saling memahami dan saling memiliki satu sama lain terhindar dari kecemasan  yang berlebihan. Kondisi adanya perasaan memiliki teman berbagi dan berinteraksi membuat pasangan yang sedang jatuh cinta menjadi lebih mudah dalam mengatasi tekanan masalah. (diolah dari sumber:vivanews.com)

Renungan

Semakin besar rasa cinta yang kita rasakan satu sama lain, maka semakin baik pula tingkat kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, kemampuan kita dalam menjaga dan meningkatkan kadar cinta adalah tanggungjawab bersama dalam hubungan yang sehat. Semakin kita jatuh cinta, maka semakin sehat tubuh kita. Mau? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar