“Kurang Tidur Mengakibatkan Diabetes!”

“Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku!” (Maz 3:6)
Sebuah penelitian mengenai pengaruh terjadinya gangguan tidur terhadap kesehatan dilakukan oleh tim peneliti dari Imperial College London, Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah partisipan yang melibatkan hampir 20.000 orang.

Hasilnya, gejala diabetes, selain dipicu oleh makanan, ternyata juga bisa terjadi karena adanya gangguan tidur. Bahkan, dalam penelitian ini terungkap, bahwa gejala diabetes muncul lebih cepat, yaitu tiga hari setelah mengalami gangguan tidur.

Menurut para peneliti, protein rusak yang dikenal sebagai MT2 dapat mengganggu jam biologis atau ritme sirkadian dan pelepasan hormon insulin. Gangguan ini memicu gangguan dalam pengaturan gula darah dan menyebabkan diabetes tipe 2.

Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang terganggu tidurnya terus-menerus memiliki kemungkinan enam kali lebih  besar terserang penyakit diabetes dan penyakit jantung. Temuan ini memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan betapa pekerja shift malam rentan mengidap diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Kesehatan tubuh manusia dipengaruhi oleh pola makan yang sehat, pola pikir yang baik dan pola istirahat yang seimbang. Jika terjadi ketidakseimbangan dalam salahsatu pola ini, maka kesehatan kita menjadi terganggu. Jadi, pola tidur yang baik  ternyata juga membuat kita makin sehat bukan? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar