“Bermimpi, Membuat Orang Jadi Cerdas”

“Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.” (Maz 4:9)
Belajar untuk meningkatkan pengetahuan bukan hanya bisa dilakukan saat kita sedang terjaga atau bangun. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kemampuan belajar juga bisa meningkat saat seseorang sedang bermimpi.

Kondisi ini terjadi karena otak memiliki aktifitas yang sama baik saat  tidur maupun saat sedang bangun. Justru, saat tubuh sedang istirahat, otak memproses informasi  dan peristiwa penting yang baru saja dialami, lalu mengintegrasikannya ke dalam memori yang luas.

Pada tahun 2010, dalam studi eksperimen awal, Daniel Erlacher, seorang  psikolog dari Universitas Bern, Jerman,  menginstruksikan mahasiswa untuk bermimpi melemparkan koin ke dalam cangkir. Hasilnya, para mahasiswa yang berhasil bermimpi mengalami peningkatan kemampuan melemparkan koin dalam kehidupan nyata secara signifikan.

Lalu, dalam studi lanjutan tahun 2010, para peneliti dari Harvard Medical School,  juga melaporkan mengenai adanya peningkatan keterampilan mahasiswa saat bermimpi tentang materi pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan 10 kali lipat dalam menyelesaikan tugas dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak memimpikan tugasnya.

Kemudian, pada tahun 2011, Unit Gangguan Tidur Rumah Sakit Pitié-Salpetriere di Paris mengajarkan serangkaian gerakan tari kepada sekelompok pasien yang memiliki gangguan tidur. Setelah itu, para peneliti merekam  perilaku para  pasien sleepwalking  atau gangguan tidur sambil berjalan  ini saat sedang tidur.

Ternyata, dalam keadaan  tidur, para pasien ini melakukan gerakan tarian sebagaimana  yang telah dipelajari sebelumnya.  "Selama tidur, manusia mengulangi ketrampilan nyata yang baru dipelajari untuk pertama kali secara langsung dan tidak ambigu," kata Delphine Oudiette, sang peneliti.

Robert Stickgold, salah seorang peneliti Harvard, menyarankan bahwa belajar yang tepat sebaiknya dilakukan sebelum tidur atau setelah tidur siang setelah belajar di sore hari. Pasalnya, hal itu akan meningkatkan kemungkinan bermimpi tentang materi yang telah dipelajari. (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Pembelajar yang hebat adalah seorang pembelajar yang belajar dengan efektif, baik saat tidur maupun saat terjaga. Caranya, pelajari materi sebelum tidur atau setelah bangun tidur siang. Lalu ciptakan suasana tidur yang rileks sehingga dapat memimpikan materi pelajaran. (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kalo bagi yg muslim, mimpi bertemu muhammad dapat menjadikannya ia muslim yg taat

    BalasHapus
  2. Yoi....Pak. Dalam konteks mimpi ini membuat cerdas ini,mimpi memang kemungkinan ada hubungannya dengan apapun yang paling kita inginkan, harapkan atau mimpikan Pak....By the way....thanks ya. Selamat mimpi indah ya Pak.....

    BalasHapus