“Donorkan Ginjalnya Agar Bebas Dari Penjara”

“Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu,maka itu akan menjadi kehidupan bagi jiwamu, dan perhiasan bagi lehermu.” (Ams 3:21-22)
Gubernur Misssissipi, Harley Barbour, mengambil sebuah keputusan tepat dan berani yang dipuji oleh berbagai pihak. Hal ini karena, Harley, memutuskan untuk membebaskan Jamie dan Gladys Scott dari penjara.

Jamie Dan Gladys Scott  mendapat  hukuman dua kali seumur hidup karena melakukan perampokan bersenjata pada tahun 1993. Kedua dua remaja bersaudara ini sudah menjalani 16 tahun hukuman penjara dalam kejahatan yang menghasilkan uang 11 dollar AS.

Kelompok hak azasi sipil yang berpengaruh NAACP sudah lama memperjuangkan keadilan bagi keduanya. Dan perjuangan ini akhirnya berbuah manis setelah adanya keberanian Harley untuk memberi kebebasan bagi keduanya.

Menurut Harley, dasar pembebasan keduanya adalah karena pengurungan keduanya tak lagi perlu bagi keselamatan masyarakat. Selain itu, pembebasan ini dilakukan demi menjaga kesehatan Jamie Scott yang harus rutin menjalani cuci darah karena kerusakan ginjalnya.

Harley menegaskan, demi kesehatan saudaranya, Gladys Scott  diisyaratkan untuk mendonorkan satu ginjalnya. “Prosedur transplantasi ini adalah suatu prosedur  yang harus dilakukan segera,” katanya penuh kepedulian. Gladys sendiri sebelumnya juga sudah bersedia memberikan ginjlanya untuk menolong Jamie Scott. (diolah dari sumber: republika.co.id)

Renungan

Penjara atau hukuman telah membuat Gladys Scott menjadi pribadi lebih bijak dan peduli. Sementara Harley sendiri berani mengambil keputusan berani dan bijak dengan alasan kemanusiaan. Sungguh, sinerji keberanian, kepedulian, dan kebijaksanaan dapat menghasilkan kebajikan yang memerdekakan bagi semua orang! (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar