“Bahaya, Rusaknya Jam Biologis Bisa Mengakibatkan Alzheimer!”

 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” (Ams 4:23)  
Jam biologis  didalam tubuh manusia berfungsi untuk mengatur apa yang harus dilakukan oleh tubuh secara alami. Selama 24 jam sehari, jam biologis ini mengatur kapan waktu istirahat, kapan membutuhkan makanan dan kapan harus melakukan berbagai aktifitas lainnya.

Terganggunya jam biologis manusia dapat menimbulkan masalah besar bagi kesehatan manusia. Para peneliti dari Oregon State University mengungkapkan terganggunya jam biologis bisa mempercepat kerusakan sel otak, hilangnya fungsi motorik, dan terjadinya kematian dini.

Para peneliti juga menemukan  adanya hubungan yang kuat antara mekanisme jam biologis yang terganggu dengan penuaan dan penyakit saraf seperti Alzheimer atau hilangnya memori yang sanagt parah. Proses ini terjadi karena kerusakan jam biologis akan memepercepat kerusakan dalam tubuh manusia.

Dalam kaitannya dengan ritme sirkadian atau jam biologis, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kesehatan kita selalu terjaga. Pertama, berusaha menjaga keseimbangan jam biologis. Gunakan waktu yang seimbang antara kerja dan santai, antara tidur dan bangun. Kedua, berusaha menemukan  cara untuk memulihkan jam biologis.  (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Kemampuan untuk menjaga jam biologis atau ritme sirkadian adalah suatu kemampuan yang penting untuk menjaga kesehatan manusia. Jadi kesehatan kita tidak lepas dari kemampuan kita mengelola jam biologis kita sendiri. Agar sehat, mari kita jaga keseimbangan dalam hidup ini. (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar