“Berpikir Positif Ampuh Bagi Kesehatan Psikologis”

“Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia." (Ams 23:7)
Kebiasaan berpikir positif dapat memiliki efek dramatis bagi kesejahteraan psikologis masyarakat. Pendapat ini disampaikan oleh Michelle Riba, seorang profesor psikiatri dan direktur Pusat Depresi University of Michigan.

Lalu bagaimana cara mengembangkan kebiasaan berpikir positif? Kebiasaan berpikir psoitif dapat dikembangkan dengan beberapa langkah.

Pertama, Mencari Tahu Yang Terbaik Bagi Diri Kita Sendiri. Kita belajar untuk mengetahui hal-hal positif  yang paling membuat kita mampu, mau dan layak  berjuang dengan cara yang paling maksimal. Pada tahap ini, kita berusaha dengan  mencoba-coba hal-hal terbaik bagi diri sendiri.

Kedua, Memikirkan Cara Terbaik Dalam Membantu Orang Lain. Kita berusaha memikirkan cara-cara terbaik yang membuat orang lain bahagia, terbantu, dan merasakan manfaat dengan kehadiran kita.

Ketiga, Mengingatkan Diri Sendiri Akan Hal Yang Baik Dalam Kehidupan. Kita sendiri belajar bersyukur atas hal-hal baik, positif, berguna dan mulia yang kita bisa nikmati dan lakukan dalam hidup ini. Secara sederhana bisa dikatakan, bahwa kita  belajar menginventarisir seluruh  berkat, talenta, dan anugrah yang telah kita terima secara pribadi. (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Kebiasaan berpikir positif sangat baik dalam mengatasi kecendrungan depresi. Bahkan memiliki peran signifikan bagi kesejahteraan psikologis. Mari kita kembangkan kebiasaan berpikir positif! (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar