“Bernyanyi Itu Menyembuhkan!”

 “Maka sekarang tegaklah kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban dengan sorak-sorai; aku mau menyanyi dan bermazmur bagi TUHAN.” (Maz 27:6) 
Tidak ada satu orangpun manusia di dunia ini yang tidak pernah menyanyi. Jika tidak berani menyanyi dihadapan  banyak orang, tentu konser lagu itu bisa terjadi di kamar mandi, atau saat sendiri.

Tanpa kita sadari, saat kita menyanyi, kita sebenarnya sedang melakukan terapi diri. Dan manfaat terapi ini, dapat meringankan stres, depresi, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Sebuah terapi kesembuhan berbasis nyanyian saat ini sedang dikembangkan di Prancis. Terapi suara ‘psychophonie’ ini dirancang untuk mengatasi dan meringankanberbagai kondisi tubuh dengan menggunakan musik dan irama.

Program terapi ‘psychophonie’  ini mudah, efisien dan efektif. Bahkan dengan sedikit bimbingan, terapi ini dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Untuk melakukan program ‘psychophonie’ ini, kita hanya perlu memahami sedikit prosedur sederhana. Hanya ada tiga langkah yang perlu dilakukan agar memperoleh manfaat dari terapi‘psychophonie’  ini.

Langkah pertama, upayakan menemukan posisi yang nyaman saat menyanyi.  Setiap orang memiliki posisi yang nyaman untuk menyanyi. Dengan mengetahui posisi nyaman anda dalam menyanyi, maka langkah pertama sudah kita lalui dengan baik.

Langkah kedua, upayakan memahami perasaan emosi yang tepat. Anda harus mengetahui situasi hati anda yang sebenarnya, tanpa berusaha menyembunyikannya. Jadi pada tahap ini, kita harus jujur mengakui adanya perasaan marah, sedih,  dan bahagia.

Langkah ketiga, upayakan menambahkan energi yang lebi banyak ke dalam tubuh. Bernyanyi dengan tangan terentang, sambil berdiri dan dengan suara yang tepat bisa memberi kekuatan yang dahsyat bagi kita saat menyanyi.

Menurut Chloe, terapis yang mengembangkan teknik ini, bernyanyi adalah bentuk keberanian untuk mengungkapkan perasaan yang sesungguhnya. "Dengan bernyanyi bisa membantu seseorang berbicara dengan pikirannya sendiri yang akan membuatnya merasa lebih ringan dan juga bahagia, sehingga seseorang bisa menggunakan kekuatan bernyanyi untuk menghilangkan depresi," ujarnya meyakinkan. (diolah dari sumber: detikhealth.com)
 
Renungan

Bernyanyi dapat meringankan kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memiliki efek menyembuhkan dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, masihkah kita ragu untuk melantunkan nyanyian jiwa, ungkapan hati, untaian cinta kita? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar