“Berbuat Bagi Sesama Bisa Menyembuhkan Depresi!”

“Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.”  (Ams 22:9)
Apakah anda sering mengalami perasaan hampa, rasa tidak berarti, dan keadaan tidak adanya emosi positif? Jika ya, maka hal itu adalah sebuah alarm berbahaya yang menunjukkan bahwa anda sedang mengalami kecendrungan depresi.

Jika keadaan ini dibiarkan maka bisa menimbulkan berbagai masalah besar  bagi kesehatan  tubuh maupun kesehatan psikologis. Nah,  ada cara mudah, murah dan ringan untuk mengatasi kecendrungan depresi ini.

Kecendrungan depresi ini bisa diatasi dengan cara mudah, murah, dan ringan. Cara sederhana tetapi ampuh ini adalah dengan melakukan perbuatan baik bagi sesama.

Dengan membantu orang lain, kita sendiri juga turut membantu diri kita sendiri. Hal ini terjadi karena, saat menolong orang lain, kita sendiri merasakan bahwa diri kita berharga, penting dan berguna. 

Secara ilmiah, manfaat emosi positif ini sudah dibuktikan oleh
Sonja Lyubomirsky, seorang profesor psikologi di University of California, Riverside. Menurut hasil penelitiannya, saat seseorang berbuat baik, maka bisa terjadi perubahan emosi negatif menjadi emosi positif.

Emosi positif inilah yang bisa membuat suasana hati berubah menjadi lebih baik. Dan bahkan emosi positif bisa meningkatkan kadar iman dari orang yang berbuat baik bagi sesamanya. (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Melakukan perbuatan baik terhadap orang lain bukan hanya sekedar perbuatan mulia. Perbuatan baik yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh juga merupakan terapi kesehatan yang menyembuhkan. Sudahkah kita berbuat baik untuk orang lain dan bagi kesehatan kita? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar