“Tetap Semangat Dengan Kaki Terbalik”

 “Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?” (Ams 18:14) 
Saat usianya sepuluh tahun, Dugan Smith divonis dokter menderita penyakit osteosarkoma. Jenis penyakit kanker langka ini adalah kanker yang tumbuh di dalam tulang yang bisa menghancurkan tulang seperti kaca.

Akibat kanker ini, Dugan Smith harus menjalani amputasi kaki. Prosedur ini harus dilakukan untuk memastikan bahwa tubuhnya benar-benar bebas dari sel kanker.

Namun,ketakutan terbesar Dugan Smith justru bukan pada proses amputasinya. Anak yang sangat aktif ini,  justru kuatir bahwa dia tidak bisa berolahraga lagi.

"Saya benar-benar takut, saya pikir saya tidak akan pernah bisa bermain olahraga atau berlari lagi dan itu yang membuat saya tertekan," ujar Dugan. Para dokter menjawab kekuatiran Dugan Smith dengan menawarkan prosedur operasi radikal dan tidak biasa.

Sesuai saran dokter, Dugan Smith menjalani prosedur bedah unik yaitu dengan memutar 180 derajat bagian bawah kakinya. Dengan prosedur ini, pergelangan kaki Dugan Smith diputar, sehingga pada akhirnya akan bertindak sebagai sendi lutut.

Operasi bedah yang dilakukan di Arthur James Cancer Hospital di Columbus, Ohio, Amerika ini berlangsung sukses. Walau semula diperkirakan hanya membutuhkan 8 jam, ternyata harus menghabiskan waktu selama 21 jam.

Dan setelah melalui serangkaian perawatan yang intensif, Dugan Smith akhirnya mengalami pemulihan.
Walau kedua kakinya tampak berkebalikan, tetapi dengan bantuan prostethetic limb, Dugan Smith dapat beraktifitas normal seperti anak yang lain.

Kini, disaat usianya 13 tahun, Dugan Smith bisa bermain baseball, berjalan di lapangan basket dan bermain sepak bola. Dugan Smith tetap menjalani hari-harinya dengan gembira dan tetap aktif dalam dunia olahraga. (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Kekuatan semangat sangat dahsyat dalam kehidupan manusia. Dengan semangat hidup yang berkobar-kobar, penyakit lebih mudah disembuhkan, kemenangan lebih mudah diraih, dan kegairahan hidup lebih mudah dibangkitkan. Mari kita selalu mengobarkan semangat hidup! (Bertinus Sijabat-Yogyakarta) 

Posting Komentar

0 Komentar