“Berani Sampaikan Pendapat, Sehat!(2)”

“Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.” (Ams 25:11)
Hormon kortisol adalah hormon pemicu stres. Pada saat seseorang tidak berani melakukan konfrontasi, tidak berani menyampaikan pendapatnya, dan sedang frustasi, maka pada saat inilah terjadi peningkatan hormon kortisol secara luar biasa.

Berbeda dengan peningkatannya yang bisa terjadi secara sangat drastis, penurunan hormon kortisol justru berjalan sangat lambat. Keadaan inilah yang memberikan dampak buruk pada kesehatan manusia.

Jika tidak ditangani dengan baik, maka pada jangka panjang hormon kortisol dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan peningkatan hormon kortisol adalah penyakit jantung, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan impotensi pada pria. (diolah dari sumber: detikhealth.com)

Renungan

Gaya hidup sehat bukan hanya menyangkut pola makan dan pola kerja fisik. Kesehatan kita juga sangat didukung oleh keberanian kita dalam menyampaikan pendapat pribadi, keberanian menghadapi konfrontasi dan keberanian untuk bersyukur dengan keberadaan kita sehari-hari. Sudahkah kita menjalani pola hidup yang sehat dalam menjalin interaksi dengan sesama? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar