Siap Lulus Siap Kerja


Siap Lulus Siap Kerja. Apakah anda siap lulus  atau sudah siap kerja? Dua pertanyaan ini terkesan klise, tapi jawaban atas pertanyaan dapat memberikan dampak yang besar di dalam kehidupan anda.

Apakah lulus cepat merupakan suatu titik puncak pencapaian pembelajaran yang sesungguhnya? Atau tidakkah lulus dalam kondisi siap kerja lebih baik daripada sekedar lulus cepat?
Siap Lulus Siap Kerja
  Siap Lulus Siap Kerja

Sebuah data mencengangkan sebagaimana dirilis Young Enterprise Charity, diperoleh dari perusahaan bisnis besar di Inggris, seperti HSBC, Santander, KPMG  hingga Procter & Gamble. Data yang dirilis menunjukkan fakta mengenai kualitas mengecewakan dari para pelamar kerja.  Berdasarkan  pendapat para atasan yang bekerja diperusahaan besar ini, tiga dari empat lulusan universitas di Inggris  tidak siap kerja. Artinya banyak lulusan Universitas yang lulus tetapi tidak siap kerja.

Ya, lulus dengan nilai yang baik tidak menunjukkan kesiapan dalam memasuki dunia kerja. Fakta nyata justru menunjukkan adanya perbedaan yang besar antara lulus dengan dunia karir. 

Lalu, apakah dampak dari kenyataan yang tidak kondusif ini? Para pemimpin perusahaan lebih suka mempekerjakan eskpatriat atau malah merekrut lulusan dari luar negeri.

Siap Lulus Siap Kerja
Siap Lulus Siap Kerja
Menurut hasil riset yang dipimpin oleh Ian Smith, para lulusan baru tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Kondisi ini terjadi karena justru karena kemampuan yang dibutuhkan tidak dipersiapkan dengan baik. Bahkan menurut The British Chambers Of Commerce, banyak para lulusan yang sulit mendapat pekerjaan karena melupakan kemampuan dasar seperti kemampuan angka, riset, fokus, hingga kemampuan baca dan tulis yang baik.

Para lulusan universitas  umumnya mengabaikan pentingnya disiplin waktu kerja dan ini masih diperparah dengan kurangnya  sikap patuh. Departemen pendidikan Inggris tidak menampik  kenyataan ini, sehingga sekarang sedang “memprioritaskan persiapan kerja yang baik bagi para lulusan universitas.” (Diolah dari sumber: Wolipop.detik.com)

Sikap Mental Pemenang Siap Lulus Siap Kerja
Sikap Mental Pemenang Siap Lulus Siap Kerja
Renungan Siap Lulus Siap Kerja

Jika kita siap lulus, maka sebaiknya kita juga sudah siap kerja. Nah, untuk siap kerja, jauh sebelum kelulusan seharusnya kita sudah memperlengkapi diri dengan berbagai macam  keterampilan. Para lulusan siap kerja membutuhkan keterampilan komunikasi, keterampilan mental, dan sikap yang baik agar mampu memasuki dunia kerja.

Oleh karena siap lulus berarti siap kerja, keterampilan apa saja yang sudah anda persiapkan saat ini? Sudahkah anda mempersiapkan diri dengan berbagai keterampilan teknis dan non teknis yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja? Jangan sampai anda hanya lulus cepat, tetapi justru juga cepat jadi pengangguran. Yang terbaik adalah siap lulus cepat dan siap kerja cepat.  
(Yogyakarta,  Bertinus Sijabat)

Posting Komentar

0 Komentar