Anjing Pintar Karena Belajar

“Anjing Pintar Karena Belajar”

“Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima,
 dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.”(Fil.4:9)
 
Bisa karena biasa. Pepatah ini ternyata tidak hanya berlaku bagi manusia. Ternyata hewanpun bisa melakukan sesuatu  yang luar biasa jika sudah terbiasa atau dibiasakan melakukan suatu hal.

*****

Woodley adalah seekor anjing yang luar biasa pintar. Anjing yang istimewa ini tidak mau melewatkan berbagai kesempatan untuk belajar dari tuannya.

Dengan menggunakan mata untuk melihat, kuping untuk mendengar dan otaknya, anjing ini bahkan mampu menyerap berbagai hal layaknya manusia. Woodley, anjing pintar jenis Koolie, yang dimiliki Richard McCormack, seorang pria Australia ini mampu mengemudikan  mobil karavan tuannya.

Menurut Richard McCormack, Woodley sangat pintar meniru apa yang diperbuat olehnya. Kemampuan ini dimiliki oleh Woodley karena anjing ini selalu memperhatikan dengan seksama  apa yang dilakukan tuannya. Setiap kali tuannya mengemudikan mobil, Woodley tampak sangat antusias melihat semua aksi Richard McCormack.

Bukan hanya sekedar menyukai apa yang diperbuat tuannya, Woodly juga belajar mempraktekkan apa yang dipelajarinya. Hasilnya? Jadilah Wodley mengemudikan mobil tuannya beberapa kali menyusuri kota Darwin Australia sendirian. Waw....! (diolah dari sumber: harian kompas)

Renungan

Cara belajar yang efektif adalah belajar dengan cara menggunakan seluruh panca indra kita.  Cara belajar ini makin dahsyat apalagi kalau kita mau dan mampu menikmati setiap proses pembelajaran dengan antusias.

Dampak pelajaran yang luar biasa berpuncak pada kesediaan kita dan kesungguhan kita untuk menerapkan apa yang kita pelajari dalam kehidupan nyata. Jadi memahami prinsip, menerapkannya dan akhirnya menjadi berkat bagi sesama. Maukah kita belajar  supaya menjadi berkat?(Hamba-Nya:Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar