Menangis Baik Bagi Pria

"Menangis Baik Bagi Pria"

“Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita,
dan menangislah dengan orang yang menangis!” (Ro 12:15)


Apakah menangis menunjukkan ekspresi ketidakmampuan atau justru menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri ? Studi terbaru yang diterbitkan dalam  jurnal Psychology of Men & Masculinity dapat mengubah perspektif kita tentang pentingnya ekspresi perasaan.

Seseorang yang  berani menunjukkan ekpresi tangisan  akibat kekalahan atau kehilangan ternyata justru menghasilkan tingkat kepercayaan diri yang lebih baik daripada orang yang menyembunyikan perasaannya terhadap kejadian pahit yang dialaminya.

Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa pribadi yang berani mengekspresikan secara terbuka perasaannya, baik perasaan bahagia maupun duka ternyata juga memiliki kehidupan yang lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang tidak mau mengekspresikan perasaaannya dengan terbuka.

Renungan

Jika tahu bahwa menangis dan tertawa itu baik bagi kesehatan kita, apakah anda masih punya alasan untuk menahan ekpresi perasaan anda? Ketika sadar bahwa menunjukkan ekpresi ternyata baik bagi diri sendiri dan sesama kita, masihkah anda mau menyembunyikan perasaan anda yang sesungguhnya?

Alkitab  mencatat bahwa Daud menangis, Hizkia menangis, Paulus menangis dan bahkan Tuhan Yesuspun menangis. Beranikah anda mengatakan menangis tidak baik bagi Pria?  Mari kita menangis dikala harus menangis, tertawa dikala harus tertawa, karena hal itu baik bagi kesehatan kita. Sudahkah anda menangis?  (HambaNya : Bertinus Sijabat)


Posting Komentar

0 Komentar