Anak Yang Tidak Diinginkan

“Anak Yang Tidak Diinginkan”

“Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.”(Maz 27:10) 

Apakah arti sebuah nama bagi anda secara pribadi? Jika nama anda adalah nama yang lazim, nama yang baik dan memiliki arti yang istimewa maka tentu anda tidak akan pernah mengalami persoalan berarti dengan nama diri. Tapi bagaimana jika nama anda  adalah nama yang tidak lazim, nama yang berarti sial, buruk dan nama yang berarti menyakitkan?
*****

Anak-anak perempuan di Satara,  India yang kelahirannya tidak diharapkan diberi nama “Nakushi” yang berarti anak yang tidak diinginkan. Pemberian nama”Nakushi” ini terjadi karena adanya keyakinan yang salah bahwa anak lelaki lebih berharga dari anak perempuan.

Ironisnya tren pemberian nama “Nakushi” ini justru dilakukan oleh mayoritas  keluarga yang miskin. Bahkan ada keluarga yang tega membuat papan nama yang jelas tentang kehadiran “Nakushi” di rumah mereka.

Gusar dengan temuan 222 anak perempuan yang diberi nama “Nakushi” ini telah mengakibatkan Dinas Kesehatan distrik melakukan usaha perubahan. Tindakan yang diambil adalah melacak semua anak yang bernama “nakushi” dan memberi nama baru sesuai dengan pilihan sang anak. (Diolah dari sumber:Kompas.com)

Renungan

Pasti ada keterlibatan Allah didalam proses  penciptaan setiap manusia tanpa terkecuali. Hal ini berarti  bahwa setiap manusia yang lahir di dunia adalah seorang manusia yang diinginkan oleh Allah sendiri. 

Jika kita tahu betapa Allah sendiri benar-benar menginginkan kehadiran kita ke dunia, bukankah kita seharusnya sadar bahwa kita adalah orang yang istimewa? Kita adalah manusia yang indah, berharga dan mulia dihadapan Allah. Sudahkah kita memberikan kepada Allah kita kemulian, hormat dan kuasa di dalam hidup kita?  (Hamba-Nya:Bertinus Sijabat)

Posting Komentar

0 Komentar