“Laura Grenway, Gadis Berhati Mulia Yang Kematiannya Tidak Sia-sia”


Apakah artinya kehidupan yang sia-sia? Sia-siaberarti tidak berfungsi, tidak bermanfaat atau tidak termanfaatkan dengan baik. Keadaan sia-sia menunjukkan sesuatu atau seseorang tidak berhasil menjalani hidup sesuai dengan fungsi maupun tujuan keberadaannya.

Sadar kematiannya sudah dekat, Laura Greenway mengambil keputusan mulia. Gadis berhati mulia asal Inggris ini mendaftarkan diri untuk mendonorkan organ tubuhnya. Niat mulia ini didasari kerinduan hatinya agar orang lain tidak harus mengalami penderitaan sebagaimana yang dialaminya.

Laura Greenway,  gadis berhati mulia ini, harus berjuang selama empat tahun untuk  mengatasi gangguan penyakit para-paru langka yang sulit disembuhkan. Setelah mengalami masa sulit yang tidak terperikan, dan setelah kegagalan operasi pemasangan paru-paru buatan, akhirnya Laura Greenway meninggal.

Luar biasanya, kematian Laura Greenway pada usia delapan belas tahun sangat  tidak sia-sia. Justru dengan kematiannya, tiga nyawa lain berhasil diselamatkan karena donor organ tubuhnya. Pasca kematiannya, para dokter berhasil mengangkat hati, ginjal dan pankreasnya, untuk menyelamatkan tiga pasien lain yang sedang kritis. 


Kehidupan yang tidak sia-sia adalah kehidupan yang berhasil, keberadaan yang berfungsi  efektif , dan kehadiran yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi sesama.  Kehidupan yang tidak sia-sia berarti kehidupan yang memberi pengaruh baik yang signifikan baik selama prosesnya, maupun ketika akhir kehidupan itu sendiri. (Diolah dari sumber: vivanews.com oleh Bertinus Sijabat-Yogyakarta).

Posting Komentar

0 Komentar