“Memasuki Sekolah: Lebih Lama Justru Lebih Cerdas”


Ternyata, usia sekolah memiliki korelasi yang erat dengan peningkatan IQ. Jika seorang anak masuk sekolah dalam usia muda, maka perkembangan kecerdasannya menjadi lebih lambat. Sementara, jika seorang anak masuk sekolah dalam usia yang lebih tua, maka perkembangan kecerdasannya menjadi lebih cepat.

Pengaruh perbedaan lama waktu masuk sekolah dengan peningkatan Kecerdasan dilteliti oleh Taryn Ann Galloway dari Universitas Oslo.  Para peneliti berusaha mengetahui dampak bersekolah dua tahun lebih lama terhadap perkembangan kecerdasan siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap data 107.000 pemuda yang mengikuti wajib militer di Norwegia.

Hasilnya? Tingkat IQ rata-rata adalah 100, dan kebanyakan penduduk mempunyai IQ antara 85 hingga 115. Kemudian, para peneliti juga memperoleh jawaban mengenai pengaruh memasuki sekolah lebih lama.

Para siswa yang bersekolah dua tahun lebih lama memiliki IQ yang lebih tinggi hingga 7 poin. Sementara, para siswa yang sekolah setahun lebih lama mendapat kenaikan IQ  sekitar 3,7 poin. (diolah dari sumber: BBC Indonesia)

Renungan

Peningkatan IQ yang lebih tinggi terjadi pada siswa yang masuk sekolah lebih lama dari siswa lainnya. Jika demikian, masihkah kita berusaha memasukkan anak-anak kesayangan kita kesekolah lebih cepat dari usia wajar belajar? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar