“Semakin Bijak Menggunakan Waktu Luang, Semakin Bahagia!”


“Supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.” (1Pet 4:2)
Sebuah penelitian mengenai pemanfaatan waktu dilakukan oleh tim peneliti dari University Of Maryland, Amerika Serikat. Data yang dipergunakan adalah berdasarkan data nasional selama 30 tahun.

Hasilnya, ternyata pemanfaatan waktu luang memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkat kebahagiaan hidup yang dialami oleh seseorang. Tingkat kebahagiaan hidup kita tidak terlepas dari tingkat aktifitas hidup yang kita lakukan saat menggunakan waktu luang.

Semakin tinggi dan dinamis tingkat aktifitas hidup kita sehari-hari, maka semakin besar kemungkinan kita mengalami kebahagiaan dalam hidup. Sebaliknya, semakin rendah tingkat aktifitas kita  dalam kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan tingkat kebahagiaan kita juga semakin kecil. 

Kebahagiaan hidup akan menjadi semakin baik ketika seseorang aktif bermasyarakat, banyak beribadah dan banyak membaca koran. Sementara, orang yang tidak bahagia dalam hidupnya justru lebih banyak pasif dan menghabiskan waktu luangnya dengan menonton acara TV. (diolah dari sumber: republika.co.id)

Renungan

Pemanfaatan waktu luang memiliki pengaruh yang signifikan dalam peningkatan kualitas kebahagiaan kita dalam hidup ini. Oleh karena itu, sudahkah kita memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat baik bagi peningkatan kualitas kebahagiaan hidup kita?
(Bertinus Sijabat-Yogyakarta) 

Posting Komentar

0 Komentar