“Semakin Banyak Nonton TV, Semakin Tidak Bahagia!”

 “Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.” (Ef 5:16)   
Apakah tujuan anda yang sesungguhnya ketika menikmati acara TV? Apakah anda hanya sekedar menonton saja tanpa adanya ketergantungan atau justru sudah sangat tergantung dengan berbagai acara di TV?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Maryland mengenai pengaruh TV ini dapat menjadi suatu masukan yang baik bagi kita. Menurut hasil penelitian ini, menonton acara TV hanya bisa memuaskan dalam jangka waktu pendek, tetapi justru merugikan dalam jangka panjang.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Social Indicators Research" ini memberikan sebuah kesimpulan menarik. Semakin banyak waktu seseorang yang dihabiskan untuk menonton acara TV, justru menunjukkan ketidakbahagiaan dalam hidup. Sebaliknya, semakin sedikit waktu yang dihabiskan oleh seseorang ketika menikmati acara TV, menunjukkan tingkat kebahagiaan hidup yang lebih baik.

Menurut  pendapat John P. Robinson, peneliti dalam studi ini, aktivitas menonton TV bisa jadi adalah bentuk pelarian dari berbagai masalah hidup. Selain itu, adanya kecendrungan ketagihan dalam menonton acara TV menunjukkan adanya berbagai masalah pribadi maupun sosial yang dimiliki oleh penonton yang mengalami kecanduan. (diolah dari sumber: republika.co.id)

Renungan

Apakah anda sangat familier dengan seluruh acara yang sedang trend di stasiun TV? Atau apakah anda hapal dengan sangat baik seluruh rangkaian cerita kisah sinetron yang sedang digemari oleh  masyarakat? Jika jawaban anda adalah ‘ya’ maka hasil penelitian mengenai tingkat kebahagiaan ini penting untuk anda. Jika jawaban anda adalah  ‘tidak’, maka tingkat kebahagian anda kemungkinan sudah lebih baik. (Bertinus Sijabat-Yogyakarta) 

Posting Komentar

0 Komentar