“Walau Mengalami Sindrom Serigala, Tiga Gadis India ini, Berjuang Meraih Asa”

“ Sebab bukan untuk seterusnya orang miskin dilupakan, bukan untuk selamanya hilang harapan orang sengsara.” (Maz 9:19)
Tiga gadis India ini mengalami werewolf  syndrome atau sindrom serigala, yaitu tumbuhnya rambut yang berlebihan pada wajah dan sekujur tubuh. Kasus ini adalah kasus yang sangat langka, secara medis, hanya ada kemungkinan terjadi satu kasus dalam satu milliar manusia.

Tiga kakak beradik ini, Savita (23), Monish (19), dan Savitri (15) mewarisi kelainan yang disebut hypertrichosis universalis ini dari ayah mereka. Hypertrichosis universalis merupakan  mutasi genetik, yaitu sel-sel yang seharusnya mematikan pertumbuhan rambut di bagian tertentu malah memicu pertumbuhan rambut itu.

Akibatnya, sekujur tubuh tiga gadis ini ditumbuhi rambut, dari ujung kaki hingga ujung kepala. Tumbuhnya rambut yang abnormal ini menyebabkan tiga gadis bersaudara, yang tinggal disebuah desa kecil Sangli, India ini memiliki kumis dan jenggot.

Walau demikian, sebagaimana gadis normal lain, tiga gadis ini masih berharap bahwa suatu saat, mereka bisa membangun bahtera keluarga melalui pernikahan. Saat ini, tiga gadis ini berjuang memupuk asa agar dapat menjalani pengobatan yang menggunakan sinar laser, sehingga dapat menyelesaikan masalah rambut ini.

Padahal, agar bisa menjalani pengobatan laser, diperlukan biaya 350.000 rupee (sekitar Rp 63 juta) per orang.Suatu jumlah yang sangat luar biasa besar bagi keluarga kurang mampu ini. (diolah dari sumber: surya.co.id dan detik.com)

Renungan

Walau kondisi ketiga gadis India ini tidak normal, ketiganya tidak putus asa. Bahkan dalam situasi yang serba sulit ini, ketiga gadis yang luar biasa ini masih tetap berharap, bahwa mungkin suatu saat, kesempatan terbuka bagi mereka. Ya, suatu saat, pasti ada jalan terbuka, saat kita terus berusaha dan berdoa. (Bertinus Sijabat- Yogyakarta)

Posting Komentar

0 Komentar