“Berdamai dengan Tuntas”

 “Berdamai dengan Tuntas”


Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku,
 melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.” (1Kor 15:10)

Berdamai dengan diri sendiri berarti menerima diri sendiri sekarang ini sebagai mana adanya diri kita yang terbaik. Berdamai dengan diri sendiri berarti kita sudah bebas lepas dari ikatan masa lalu yang menggangu kita.

Apakah anda sudah membereskan masalah masa lalu dengan tuntas? Atau maukah anda menyelesaikan masalah untuk meraih kehidupan yang bebas dari ikatan masa lalu yang pahit?
*****

Pada usia 11 tahun, Rebecca harus mengalami pengalaman pahit karena perceraian kedua orangtuanya. Dampaknya adalah mulai terganggunya pola makan Rebecca.

Akibatnya Rebebecca Jones mengalami kegemukan. Keadaan ini masih diperparah lagi dengan adanya celaan terus-menerus dari teman sekolah, yang membuat Rebecca kehilangan rasa percaya diri.

Rebecca berusaha menanggapi kepahitan ini dengan cara mulai mengurangi makan pada usia 13 tahun. Dan ternyata cara ini efektif dalam mengurangi berat tubuhnya secara drastis. Hasilnya adalah tubuhnya menjadi langsing dan dia memperoleh pujian dari teman-temannya.

Seakan tidak mau kehilangan pengakuan pujian dari teman-temannya, Rebecca malah semakin terbenam dengan kebiasaan tidak makan ini sampai tahap ekstrim. Kini Rebecca Jones menderita penyakit anoreksia atau kebiasaan enggan untuk mencerna makanan. Bahkan demi menjaga kelangsingan tubuhnya, meski sudah kurus, Rebecca masih rutin mengkonsumsi pil diet.

Walau kondisi Rebecca sudah sampai pada tahap yang mengacam keselamatannya sendiri, namun Rebecca sendiri malah bangga dengan keadaan tubuhnya. Padahal pada usia 26 tahun, berat tubuh Rebecca hanya mencapai 31 kilogram. Bobot tubuh Rebecca bahkan masih jauh lebih ringan dibandingkan dengan berat tubuh anaknya, Maisy, yang masih berusia 7 tahun. (diolah dari sumber: okezone.com)

Renungan

Karena tubuhnya yang terlalu kurus, kini Rebecca juga menderita hypokalemia yaitu kondisi lemah pada bagian otot. Meski begitu Rebecca Jones masih tetap menganggap bahwa dirinya tetap  sehat dan tidak punya masalah serius.

Pengalaman pahit apakah yang terus-menerus mengganggu anda seperti yang dialami oleh Rebecca Jones? Bagaimana dengan kita, sudahkah kita berusaha menyesaikan masalah yang pahit didalam hidup kita sampai tuntas? Mari kita bereskan masalah traumatis dengan belajar berdamai dengan diri sendiri, dengan Tuhan dan dengan sesama.(Hamba-Nya: Bertinus Sijabat)



Posting Komentar

0 Komentar