Cara Pintar Mendinginkan Otak

“Cara Pintar Mendinginkan Otak”

“Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik
 dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu,
sama seperti jiwamu baik-baik saja.” (3Yoh 1:2)

Ooops....bagaimana kebiasaan anda ketika menguap? Apakah anda terbiasa menutup mulut ketika menguap? Jika ya, maka mulai sekarang coba telaah lagi. Menguap yang baik justru adalah menguap dengan membuka mulut lebar-lebar. Lho....?!

*****

Sebuah penelitian terhadap dampak menguap yang dilakukan oleh tim peneliti Princeton Amerika ini,  dapat menjadi ide penting bagi kita.  Penelitian ini  membuktikan bahwa menguap adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan temperatur otak, mendinginkan otak dan mencegah kondisi over-heating.

Dalam penelitian ini, para peneliti meminta 80 pejalan kaki secara acak untuk melihat foto orang yang sedang menguap.  Kemudian,  tim peneliti mencatat apakah responden menguap atau tidak.

Ternyata, penelitian yang dilakukan pada musim dingin,  menghasilkan setengah responden menguap setelah melihat foto orang menguap. Sementara, hanya seperempat responden yang menguap, ketika penelitian dilakukan pada musim panas.

Pemimpin penelitian Profesor Andrew Gallup, menyimpulkan bahwa
menguap mendinginkan otak melalui pertukaran panas dengan udara dingin, yang ditarik secara dalam. Tetapi,  sistem ini tidak akan bekerja pada saat cuaca panas. (diolah dari sumber: vivanews.com)

Renungan

Menguap ternyata mudah menular. Tetapi dampak yang timbul karena menguap justru baik bagi kesehatan kita. Jadi jika anda bertemu dengan orang yang sedang menguap, turutlah menguap!

Sudahkah kita menguap dengan membuka mulut lebar-lebar? Jika kita mau memelihara kesehatan otak, mari kita menguap!
(hamba-Nya: Bertinus Sijabat) 

Posting Komentar

0 Komentar